Rabu, 13 Juli 2016

makalah metode pengajaran anak berkebutuhan khusus




METODE PENGAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus
Dosen : Ade Wijaya, M.Pd.

Description: FKIP.jpg
Di susun oleh :
Kelompok 2
Putri Wulansari P.             ( 0371 12 154)
Pradita Mega N.               ( 0371 12  )
Damayanti                        ( 0371 12 260 )

V/J


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PAKUAN BOGOR
2014


DAFTAR ISI

Daftar Isi         ………………………………………………………………………            1
Pembahasan    ………………………………………………………………………            2
Metode Pengajaran Anak Berkebutuhan Khusus………………………………            2
Dasar Pemikiran…………………………………………………………………           2
Metode Pengajaran………………………………………………………………          3
Kesimpulan……………………………………………………………………...           5
Daftar Pustaka            ………………………………………………………………………            6
Soal-soal……………………………………………………………………………..            7




















1

METODE PENGAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

            Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka, contohnya bagi tunanetra mereka memerlukan modifikasi teks bacaan menjaditulisan Braille dan tunarungu berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat. Yang termasuk kedalam ABK antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan. Istilah lain bagi anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa dan anak cacat.

Dasar Pemikiran
            Bahwa sekolah seyogyanya mengakomodasi semua anak tanpa memandang kondisi fisik, intelektual, sosial, emosi, ataupun kondisi-kondisi lainnya. Sekolah inklusif adalah contoh memungkinkan semua anak belajar bersama tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada diri mereka. Di dalam sekolah inklusif, anak yang menyandang kebutuhan khusus menerima segala dukungan tambahan untuk menjamin efektifnya pendidikan mereka.
            Kurikulum seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan anak bukan sebalikya. Oleh karena itu sekolah memberikan kesempatan kurikuler yang disesuaikan dengan anak yang memiliki bermacam-macam kemampuan dan minat.
            Anak berkebutuhan khusus seyogyanya memperoleh dukungan pembelajaran tambahan dalam konteks kurikulum reguler, bukan kurikulum yang berbeda. Prinsip yang dijadikan pedoman seyogyanya adalah memberikan pendidikan yang sama kepada semua anak, dengan memberikan bantuan dan dukungan tambahan bagi anak yang memerlukannya.
            Pendidikan seyogyanya berisi hal-hal yang menimbulkan kesanggupan untuk mencapain standar yang lebih tinggi dan memenuhi kebutuhan individu demi memungkinkanya berpartisipasi secara penuh dalam  pangajaran seyogyanya dihubungkan dengan pengalaman siswa sendiri dan dikaitkan dengan hal-hal yang praktis agar mereka lebih termotivasi.
2
            Bagi anak berkebutuhan khusus seyogyanya disediakan dukungan yang berkesinamnbungan yang berkisar dari bantuan minimal di kelas reguler hingga program pelajaran tambahan di sekolah itu dan bila perlu diperluas dengan penyediaan bantuan dari guru kelas spesialis dan staf pendukung eksternal.
            Untuk mengikuti kemajuan masing-masing anak asesmen, evaluasi formatif seyogyanya dimasukan kedalam proses pendidikan reguler agar  siswa dan guru senantiasa terinformasi hingga penguasaan pealajaran yang susah dicapai maupun untuk menidentifiaksi kesulitan-kesulitan yang dihadapi dan membantu siswa mengatasinya.

Metode Pengajaran
            Dalam mengajar sesuatu pada anak berkebutuhan khusus, adalah penting untuk memilih strategi pengajaran tertentu yang dianggap paling efektif untuk anak tertentu. Pemilihan ini akan tergantung pada gaya belajar dan materi yang diajarkan. Berikut berbagai metode pengajaran yang umumnya digunakan oleh guru anak berkebutuhan khusus.
·         Communication
Maksudnya adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk berinteraksi dengan lingkungannya.  Protes ini dapat mencakup keterampilan verbal dan non verbal, serta berbagai simbol (kart, faco, gambar).
·         Teks Analysis
Analisis tugas adalah prosedur dimana tugas-tugas dipecah kedalam rangkaian komponen-komponen langkah atau bagian kecil satu tujuan akhir atau sasaran dipecah ke dalam langkah-langkah kecil yang diatur sesuai kerumitannya. Setiap langkah merupakan prasyarat untuk mencapai langkah selanjutnya. Dengan memilih secara hati-hati langkah-langkah yang harus dipelajari anak, guru dapat dengan lebih mudah mengenali apakah anak mengarah pada pencapaian pada suatu set tugas yang diterapkan sebelumnya.






3
·         Direct Intruction
Instruksi langsung adalah metode pengajaran yang menggunakan pendekatan selangkah-selangkah yang terstruktur dengan cermat, dalam memberikan intruksi atau perintah. Metoda ini memberikan pengalaman belajar yang positif dan dengan demikian dapat meningatkan kepercayaan diri dan motivasi untuk berprestasi. Pelajaran disampaikan dalam bentuk yang mudah dipelajari sehingga anak mencapai keberhasilan pada setiap tahap proses ‘no faal’ ( tanpa kegagalan). Pelajaran dirancang secara cermat akan memberikan umpan balik untuk mengoreksi dan banyak kesempatan untuk melatih keterampilan tersebut.
·         Prompts
Promsts memberikan anak informasi tambahan atau bantuan untuk menjalankan instruksi. Adapum jenis prompts:
v  Verbal Prompts
Adalan bentuk informasi verbal yang memberikan tambahan pada instruksi tugas. Instruksi memberi tahu anak apa yang harus dilakukannya. Verbal Prompts  memberikan tambahan informasi mengenai bagaimana mengatasi tugasnya. (misal: bial anak belajar menggunakan komputer, instruksi mungkin ‘nyalakan komputer!’ verbal prompts adalah ‘masukan disket ke drive satu dan tekan tombol merah’)
v  Modelling
Modeling adalah memberitahu anak apa yang harus dilakukan atau bagaimana melakukannya dengan mendemonstrasikan tugas. Cara ini dapat digunakan bila anak tidak memahami instruksi verbal tetapi mampu meniru prilaku tanpa bantuan fisik secara langsung.
v  Gestural Prompts
Gestural prompts adalah bantuan dalam bentuk isyarat dapat mencakup tangan, lengan, muka, atau gerakan tubuh lainnya yang dapat mengkomunikasikan informasi visual spesial spesifik.




4
v  Physical Prompts
Physical prompts adalah melibatkan kontak fisik, oleh karena itu prompts ini paling mengganggu dan mencampuri keadaan anak. Physical prompts seharusnya digunakan hannya bila prompts lain tidak memberikan informasi cukup pada anak untuk mengerjakan tugas atau bila anak belum sampai mengembangkan kemampuan fisik yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
v  Peer tutorial
Peer tutorial adalah dimana seorang siswa mampu (pandai) dipasangkan dengan temannya yang mengalami kesulitan/hambatan. Didalam pemasangan seperti ini siswa yang mampu bertindak sebagai tutor (pengajar). Pemberian waktu yang sesuai dalam belajar sangat baik bagi anak yang berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus lebih lambat perkembangan belajarnya dari teman yang tidak mengalami kesulitan. Peer tutorial merupakan strategi yang memberikan waktu akurat dengan keterlibatan siswa yang tinggi.
v  Cooperative learning
Cooperative learning merupakan salah satu cara yang efektif dan menyenangkan untuk mengarahkan beberapa siswa dengan berbagai derajat kemampuan anak bekerja sama dalam menyelenggarakan salahsatu tugas. Cooperative learning mengembangkan lingkungan yang positif dan mendukung, yang mendorong penghargaan pada diri sendiri, menghargai sumbangan orang lain, dan menerima perbedaan individu.
            Dari beberapa pemaparan kajian teoritis diatas, metode pembelajaran sangatlah berguna untuk menunjang proses pembelajaran dalam kelas, penggunaan metode-metode tersebut dirasa efektif karena bisa menjangkau siswa dan dalam proses pembelajarannya dapat diterima siswa dengan baik. Untuk penerapan metode-metode tersebut seorang guru harus sepandai mungkin untuk menerapkan pada siswa-siswanya apalagi terdapat beberapa siswa yang menyandang disabilitas yang berbeda, untuk penyampaian materi seorang guru harus menjelaskan satu per satu pada siswa dengan bergantian.



5

Kesimpulan
            Telah dijelaskan metode-metode bagi anak berkebutuhan khusus dan dalam penerapannya dibutuhkan keteraampilan yang cermat dari guru agar dapat memilih metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan setiap siswa. Metode-metode tersebut dapat digunakan secara bersama-sama atau dipilih salah satu yang sesuai dengan mempertimbangkan perbedaan kemampuan individual siswa.

























6

Daftar Pustaka

Hidayat, dkk (2006). Bimbingan bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: UPI Press.



























7

Soal Pilihan Ganda
1.      Kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa untuk berinteraksi dengan lingkungannya.  Merupakan pengertian dari metode pengajaran…
a.       Prompts
b.      Direct instruction
c.       Task analisis
d.      Communication
2.      Tugas-tugas dipecah kedalam rangkaian komponen-komponen langkah atau bagian kecil satu tujuan akhir atau sasaran dipecah ke dalam langkah-langkah kecil yang diatur sesuai kerumitannya. Merupakan pengertian dari metode pengajaran…
a.       Prompts
b.      Direct instruction
c.       Task analisis
d.      Communication
3.      Metode pengajaran yang menggunakan pendekatan selangkah-selangkah yang terstruktur dengan cermat, dalam memberikan intruksi atau perintah. Merupakan pengertian dari metode pengajaran…
a.       Prompts
b.      Direct instruction
c.       Task analisis
d.      Communication
4.      Memberikan anak informasi tambahan atau bantuan untuk menjalankan instruksi. Merupakan pengertian dari metode pengajaran…
a.       Prompts
b.      Direct instruction
c.       Task analisis
d.      Communication
5.      Yang tidak termasuk kedalam metode pengajaran prompts adalah…
a.       Task analisis
b.      Verbal Prompts
c.       Modeling
d.      Peer tutorial


8
6.      Bentuk informasi verbal yang memberikan tambahan pada instruksi tugas. Merupakan pengertian dari…
a.       Physical prompts
b.      Gestural prompts
c.       Modeling
d.      Verbal prompts
7.      Memberitahu anak apa yang harus dilakukan atau bagaimana melakukannya dengan mendemonstrasikan tugas. Merupakan pengertian dari…
a.       Physical prompts
b.      Gestural prompts
c.       Modeling
d.      Verbal prompts
8.      Bantuan dalam bentuk isyarat dapat mencakup tangan, lengan, muka, atau gerakan tubuh lainnya yang dapat mengkomunikasikan informasi visual spesial spesifik. Merupakan pengertian dari…
a.       Physical prompts
b.      Gestural prompts
c.       Modeling
d.      Verbal prompts
9.      Dimana seorang siswa mampu (pandai) dipasangkan dengan temannya yang mengalami kesulitan/hambatan. Merupakan pengertian dari…
a.       Peer tutorial
b.      Gestural prompts
c.       Modeling
d.      Verbal prompts
10.  Pengertian dari metode pengajaran cooperative learning adalah:
a.       Cara yang efektif dan menyenangkan untuk mengarahkan beberapa siswa dengan berbagai derajat kemampuan anak bekerja sama
b.      Seorang siswa mampu (pandai) dipasangkan dengan temannya yang mengalami kesulitan/hambatan
c.       Bantuan dalam bentuk isyarat dapat mencakup tangan, lengan, muka, atau gerakan tubuh lainnya yang dapat mengkomunikasikan informasi visual spesial spesifik.
d.      Memberitahu anak apa yang harus dilakukan atau bagaimana melakukannya dengan mendemonstrasikan tugas

9

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus